Perusahaan Tas Tajur PT Sumber Karya Indah Bogor



Perusahaan Tas Tajur PT Sumber Karya Indah Bogor

https://lh5.googleusercontent.com/_uWgFVtvSsek/TZdwNdJM7cI/AAAAAAAAGwg/20pDjDpA7L0/s900/SKI_1.jpg
PT Sumber Karya Indah berdiri pada tahun 1997. Awalnya,
perusahaan ini merupakan perusahaan perseorangan yang didirikan oleh ibu Maryan. Perusahaan ini awalnya hanya berupa toko kecil yang hanya dapat memproduksi beberapa tas saja, namun setelah banyak peminatnya, usaha tersebut berkembang semakin besar. Pada tahun 1990 mereka dapat membeli sebuah pabrik di daerah Tajur yang sebelumnya merupakan pabrik tahu. Dari perusahaan yang perseorangan tersebut dikarenakan banykanya peminta dan perlunya tambahan modal, maka perusahaan tersebut berkembang menjadi CV.
Adanya krisis moneter tahun 1997-1998 ternyata tidak begitu berpengaruh bagi perusahaan ini. CV Sumber Karya Indah tetap melanjutkan usahanya ditengah-tengah krisis moneter tersebut dan terus menjual produknya di daerah sekitar Tajur. Dari usaha inilah akhirnya nama CV Sumber karya Indah semakin dikenal oleh masyarakat luas terutama kalangan remaja putri dan ibu-ibu.
Pada tahun 2002, perusahaan ini membuka cabang di Jalan Raya Katulampa No.6 Bogor Timur dimana selain menjadi toko utama tas Tajur, namun juga terdapat beberapa fasilitas yang memanjakan para pelanggan. Pada tahun ini juga, tepatnya tanggal 23 Februari 2002 CV. Sumber Karya Indah diresmikan oleh Ibu Linda Agum Gumelar dan berganti menjadi PT. Sumber Karya Indah.
Ibu Maryan terkenal dekat dengan lingkungan istri negara. Banyak pejabat-pejabat pemerintah yang telah mengunjungi PT. Sumber Karya Indah ini. Bebeapa diantaranya yaitu istri wakil presiden kita saat ini, Mufidah dan Leoni Radius Prawiro selaku mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri dan Pengawasan Pembangunan Indonesia.
Pemerintah Kota Bogor juga sangat mendukung usaha ini. Kemudahadan-kemudahan terkait perizinan diberikan oleh pemerintah Kota Bogor kepada PT. Sumber Karya Indah ini. Salah faktor utamanya adalah produk tas ini merupakan salah satu produk unggulan Bogor yang semakin mengharumkan nama Bogor di tengah masyarakat.
PT Sumber Karya Indah mengandalkan diversifikasi produk sebagai langkah untuk mengoptimalkan laba. Beberapa diantaranya yaitu Roti dengan nama “Boulangerie, kaus khas Bogor dengan nama “Bogor Bagus”, aksesoris dapur dengan nama “Domicile”, sepatu dengan nama “Rumah Sepatu Tajur, jasa sewa ballroom “Gedung Poetri Ballroom” serta wahana-wahan rekreasi keluarga dengan nama “The Real Adventurer”. Hal ini dilakukan sebagai cara untuk menghadapi guncangan perekonomian, jadi ketika salah satu usaha terkena masalah, perusahaan masih dapat melanjutkan usahanya lewat usaha-usaha yang lain.
Adapun terkait produksi tas yang dilakukan, perusahaan ini masih melakukan impor sebagian bahan baku dari Tiongkok. Impor juga dilakukan pada produk jadi. Hal ini dilakukan sebagai alat untuk mendeteksi selera masyarakat. Dari produk tas jadi itu, PT. Sumber Karya Indah melihat desain manakah yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Setelah mengetahuinya, maka PT. Sumber Karya Indah akan melakukan imitasi terhadap produk itu dan menjualnya dengan sedikit perubahan.
PT. Sumber Karya Indah ternyata juga membawa ekstenalitas positif pada warga disekitar wilayah Katulampa. Dengan adanya perusahaan ini, maka lapangan pekerjaan terbuka lebar bagi warga di sekitarnya. Dengan demikian maka tingkat pengangguran dapat semakin berkurang.
Hal yang sangat disanyangkan pada perusahaan ini adalah kurangnya promosi. Promosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Tidak terlihat gerakan-gerakan untuk merambah melalui internet. Padahal pada zaman ini, jual beli secara online merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menigkatkan penjualan melihat kondisi masyarakat sekarang yang inginnya serba instan. Selain itu, internet juga dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.  Dengan demikian, maka wilayah pemasaran pun akan semakin meluas dan keuntungannya pun juga akan berlipat. Selain itu, biaya yang diperlukan pun tidak tergolong besar. Hanya bermodalkan komputer, koneksi internet serta keahlian web design, promosi sudah dapat dilakukan. Dengan melihat cost benefit secara sederhana tersebut, sudah seharusnya PT. Sumber Karya Indah menggencarkan promosi terutama lewat internet.

Comments

Post a Comment

Popular Posts